Warga Desa Lau Mulgab Antusias Bayinya Diberikan Sub PIN Polio

LANGKAT – Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, pemberian Sub PIN Polio dilaksanakan di Polindes Desa Lau Mulgab, Langkat, Selasa (14/2/2023). Dengan mengangkat tema “Giat Berantas Polio, Pemberian Sub PIN Polio Desa Lau Mulgab Wilayah Kerja Puskesmas Selesai Bersama Dosen Institut Kesehatan Helvetia Medan”, acara ini sukses digelar dengan antusias masyarakat begitu tinggi.

Turut terlibat dalam kegiatan ini, Dosen: Bd. Julina Br Sembiring, SST., M.Kes, Kepala Desa: Asri Nurmala Sitepu, Bidan: Siti Maria PA. S.Keb dan Bd.Winda, S.Keb.

Selain itu, Ibu Ketua PKK Mulyani Br Tarigan berserta anggota PKK Sri Ramayana, Kasiani, Suriani dan Ryanti, beserta ibu kader Desa Lau Mulgab: Erni Br PA, Siti Rohana, Septi Ayu Anjani dan Anita Kerolina yang turut serta turun langsung ke rumah rumah ibu yang mempunyai bayi dan balita.

Bd. Julina Br Sembiring, SST., M.Kes, mengungkapkan tujuan kegiatan ini adalah untuk mengurangi risiko penularan virus polio yang datang dari negara lain.
“Selain itu, kita ingin memastikan tingkat kekebalan masyarakat terhadap penyakit polio cukup tinggi, memberikan perlindungan secara optimal dan merata pada balita terhadap kemungkinan munculnya kasus polio khususnya di Desa Lau Mulgab Langkat,” ujarnya.

Bd. Julina Br Sembiring, SST., M.Kes menambahkan, kegiatan ini juga dilakukan untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat. “Dengan terjun langsung ke lapangan untuk membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas. Salah satunya dengan membantu Memberikan Sub PIN Polio di Desa Lau Mulgab ini,” ungkapnya.

Bd. Julina Br Sembiring, SST., M.Kes menjelaskan, pencanangan Sub PIN Polio tahun 2023 sendiri dilaksanakan kemarin, yakni pada 13 Februari 2023 di seluruh Indonesia.

Pelaksanaan vaksinasi ini sendiri ditargetkan selesai tanggal 19 Februari mendatang. Antusias warga Desa Lau Mulgab membawa anaknya untuk imunisasi Polio sangat Luar biasa.

“Dalam pelaksanaan hari ini saja sudah ada lebih kurang 89 bayi dan balita yang mendapatkan Imunisasi Polio. Sangat Besar harapan Kepala Desa Lau Mulgab untuk warganya agar seluruh bayi dan balita mendapatkan imunisasi Polio, sehingga Ibu Kades bersedia turun langsung untuk memantau kegiatan pemberian Sub PIN Polio kepada warganya,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, Bd. Siti Maria PA. S.Keb dan Bd. Winda, S.Keb selalu berkoordinasi dengan ibu-ibu kader untuk melakukan sweeping kerumah rumah ibu yang memiliki bayi balita agar membawa anaknya untuk mensukseskan pemberian Sub PIN Polio.

“Ibu bidan juga menerangkan kepada ibu yang memiliki bayi balita jika penyakit Polio tidak ada obatnya tetapi pencegahannya bisa kita lakukan dengan memberikan Imunisasi Polio,” ucapnya.

Kepala Desa Asri Nurmala Sitepu mengatakan, anak ini adalah generasi emas, generasi penerus bangsa jadi anak anak kita ini harus sehat.

Sementara itu, para peserta sangat semangat dan antusias dalam kegiatan ini salah satunya seorang ibu bernama Lia PA berumur 22 tahun yang membawa anaknya yang bernama Denis Sitepu berumur 1,1 tahun untuk mendapatkan imunisasi Polio.

“Kalau sudah diberikan Imunisasi Polio sudah aman, gak takut kena Polio, agar anaknya sehat juga,” ujarnya. Lia PA merupakan seorang ibu yang rajin membawa anaknya ke Posyandu di desa Lau Mulgab. (PS/SU)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here