MEDAN– PT Inalum (Persero) selaku Koordinator Satgas Bencana BUMN di Sumatera Utara menyerahkan bantuan kepada Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, Selasa (12/5/2020).
Satgas Bencana BUMN Sumut menyerahkan bantuan tahap pertama berupa alat pelindung diri (APD), sarung tangan, hand sanitizer, multi vitamin, masker medis, washtafel portable dan alat pengukur suhu badan.

Seluruhnya ada 18 item yang diberikan untuk percepatan penanganan Covid-19 Sumut dalam membantu masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Bantuan tersebut diterima langsung Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang juga Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid 19 Sumut.

Daniel JP Hutauruk selaku GM CSR Inalum menjelaskan Satgas bencana BUMN Sumut hakekatnya dibentuk dalam semangat sinergi sebagai badan usaha milik negara untuk memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara.

Diinisiasi oleh kementerian BUMN agar dapat hadir di saat bencana terjadi untuk bergotong royong meringankan beban masyarakat dan juga pasca bencana.

“Ujian pertama yang langsung dihadapi saat ini adalah wabah Covid-19. Dan sebagai wujud nyata kontribusi BUMN lewat satgas ini adalah dukungan kepada satgas Provinsi Sumut untuk Covid-19 seperti yang hari ini kita serahkan dan juga secara serentak BUMN yang ada di sumut telah bergerak menjangkau masyarakat dan instansi kesehatan dalam bentuk bantuan APD, masker, washtafel dan sembako di wilayah masing-masing,” terang Daniel JP Hutauruk.

Saat ini yang tergabung di satgas BUMN ini adalah 47 BUMN yang beroperasi di Sumut.

“Perang melawan covid-19 ini belum berakhir dan butuh kerjasama dan koordinasi yang kuat untuk kita bisa melewati kondisi ini dalam keaadan baik. Kami dari satgas bumn siap berkoordinasi lebih lanjut dalam percepatan penanganan covid-19 di Sumut,” harap Daniel.

Saat penyerahan bantuan ke Pemprovsu, selain Inalum juga disaksikan oleh BUMN anggota Satgas lainnya yaitu antara lain, Sucofindo, Jasa Raharja, Bank Mandiri, BRI, KIM, BNI, BULOG, Hutama Karya, ASABRI, PTPN 3, Kantor Berita Antara dan Bank BTN.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara H Edy Rahmayadi mengapresiasi bantuan BUMN melalui Satgas Bencana BUMN Sumut untuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Sumut dalam membantu masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

“BUMN selalu peduli. Harapannya, BUMN selalu terdepan dalam membantu pemerintah dalam segala situasi khususnya di bencana seperti Covid-19,” ujarnya usai menerima bantuan tersebut di Medan.

Di sisi lain, PT Inalum juga menyerahkan bantuan paket sembako kepada sejumlah jurnalis media online di Medan, Selasa (12/5/2020). Sebanyak 20 jurnalis menerima paket tersebut.

“Jangan lihat bantuannya, tapi keikhlasan demi hubungan baik antara Inalum dan media juga rekan wartawan selama ini. Semoga wabah ini lekas berlalu dan aktivitas kita kembali normal,” kata

Mahyaruddin Ende, Sekretaris Perusahaan Inalum didampingi Bambang Heru selaku Manajer Humas dan Julian Feisal selaku Kepala Kantor Penghubung Inalum Medan.(SU/CM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here