LITERASI DIGITAL KABUPATEN DELI SERDANG – PROVINSI SUMATERA UTARA Selasa, 31 Agustus 2021, Jam 13.00 WIB

DELI SERDANG Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Ditindak lanjuti oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Pemberdayaan Informatika, Ditjen Aptika memiliki target hingga tahun 2024 untuk menjangkau 50 juta masyarakat agar mendapatkan literasi di bidang digital dengan secara spesifik untuk tahun 2021.

Target yang telah dicanangkan adalah 12,5 juta masyarakat dari berbagai kalangan untuk mendapatkan literasi dibidang digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Dalam Literasi Digital yang digelar Selasa, (31/08/2021), sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi., dan Presiden RI Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Tema besar webinar Menjaga Keamanan Digital Anak-Anak dibawakan oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pembahasan tentang tips menjaga keamanan digital bagi anak-anak, antara lain lindungi identitas anak-anak, mengetahui siapa lawan bicara anak, tunjukan konten yang sesuai dengan usianya, menggunakan internet di area umum di rumah, mengetahui lawan bicara anak, serta memberikan anak ruang untuk berkreasi dan mengekspresikan diri.

Peran bagi orang tua untuk menjaga keamanan digital anak, antara lain memberikan bimbingan, tingkatkan rasa percaya diri anak, serta dorong anak untuk berinvestasi dalam berpendidikan, naik life skill maupun people skill.

Konsep kebebasan berekspresi yang harus di usung adalah kebebasan ekspresi yang bertanggung jawab dengan nilai dan norma untuk bersifat egaliter, suportif dan norma menghargai sesama sekali pun berbeda pendapat sebagai pilar dalam berinteraksi di dunia digital.

Penting adanya edukasi terhadap anak untuk menanamkan etika digital sejak usia dini untuk membentuk pribadi-pribadi anak afektif, sederajat dan bertanggung jawab dalam berekspresi.

Cara agar generasi terdidik dan berkontribusi dalam menciptakan keamanan digital, meliputi melakukan verifikasi terhadap konten yang akan di konsumsi oleh anak melalui google fact check tools, cari information atau konten anak dari situs-situs terpercaya, melakukan filter khusus anak pada mesin pencarian, misalnya dalam bentuk google safe kids, mengajarkan anak untuk berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak, serta mobilisasi waktu anak secukup dan seperlunya dalam mengakses internet.(SU/CM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here